Selasa, 09 April 2013

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) memudahkan Mahasiswa menjadi Wirausahawan


Judul diatas saya ambil karena pengalaman pribadi saya. Masih berkaitan dengan tema yang diberikan yakni “Menumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneurship Mulai Dari Kehidupan Di Kampus”. Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan apa itu Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). PMW adalah suatu program yang digagas oleh Dikti untuk dikembangkan ke dalam kehidupan kampus guna merangsang jiwa enterpreneurship (kewirausahaan) dalam diri mahasiwa. Program ini dilaksanakan setiap tahun pada hampir seluruh Universitas negeri dan Swasta di Indonesia. Diharapkan dengan adanya program seperti ini, mahasiswa mapu mengembangkan potensi dan ide kreatif dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sehingga dapat mempunyai pikirin kritis ketika lulus dari perguruan tinggi, yakni bukan saja bagaimana cara untuk mendapat pekerjaan tetapi lebih ke bagaimana cara untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Hal ini tentunya yang diharapkan oleh pemerintah. Bahwa para generasi penerus bangsa dapat ikut membantu dalam menyelesaikan masalah tentang penyediaan lapangan pekerjaan bagi penduduk Indonesia. Keikutsertaan saya dalam program ini diawali oleh adanya sosialisasi dari pihak kampus saya, yakni Universitas Jenderal Soedirman tentang program ini. Unsoed sendiri sudah melaksanakan program ini selama beberapa tahun dan masih dipertahankan hingga tahun 2013 ini. Pada awalnya saya tidak begitu tertarik dengan program ini, tetapi ketika Dosen saya, Bapak Nurul Hidayat, yang juga selaku penanggjungjawab PMW untuk Fakultas Sains dan Teknik mempromosikan, saya menjadi tertarik. Apalagi ketika itu hasil tugas kuliah saya (MK Web Design dan E-commerce) dijadikan contoh oleh beliau. Beliau memberi usul jika tugas saya yakni web Toko Baju Batik Online bisa dijadikan usualan untuk PMW. Berangkat dari hal itu, saya dan 2 teman saya mulai mencari tahu tentang PMW. Berbekal dari keinginan saya untuk terus melestarikan budaya Bangsa dan daerah saya sendiri, yakni Pekalongan, saya dan tim mengajukan batik Pekalongan sebagai produk yang akan kami pasarkan, dan Alhamdulillah usulan PMW kami diterima oleh pihak juri setelah melalui proses yang panjang, dari mulai membuat proposal, presentasi, dan magang kerja. Saat ini usaha ini sudah mulai dirintis, memang belum kami launching web Toko Online punya kami, saya dan tim saya masih berpromosi dari mulut ke mulut tentang produk yang kami jual. Selain saya dan tim saya, masih ada sekitar 60 usulan PMW lain yang diterima, baik dalam bentuk makanan, minuman, barang, maupun jasa. Sampai saat ini pun kami masih menjalankan rangkaian dari realisasi usaha, salah satunya yaitu monitoring yang dilakukan oleh para pendamping. Dengan begitu mahasiwa harus bertanggungjawab untuk melaksanakan usaha sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini membuktikan bahwa jiwa enterpreneurship sudah bisa dikembangkan saat masih duduk di bangku kuliah, melalui program-program seperti PMW ataupun PKM sebenarnya Pemerintah sudah menyediakan wadah juga dukungan moril (dana awal) bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan jiwa kewirausahaannya. Saya rasa tanpa adanya PMW pun sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengembangkan jiwa enterpreunership tergantung bagaimana kemauan dari mahasiswa itu sendiri. PMW hanya salah satu dari sekian banyak cara.
jadi tetep ssemangat buat mahasiswa yang mau jadi wirausaha muda !! ganbatte ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar